PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI WASILAH DAKWAH MAHASISWA

Authors

  • Ahmad Adnan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, STID Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta
  • Mastur Lungi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, STID Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta

Keywords:

Utilization, Social Media, Facebook, Da'wah

Abstract

The purpose of this study is to determine the utilization of social media up as a Wasilah Dakwah STID Students in Al-Hikmah Angkatan 49. The research method used in this research is qualitative descriptive. Methods of data collection is by depth interview, observation, and documentation. Conclusion of research, facebook utilization as wasilah da'wah by STID students in Al-Hikmah 49 by way of: a) spread positive news about Islam. b) Posting good things in the form of video, pictures and inspirational writings. c) Post something that is good. Sharing good postings of goodness, and actively speaking good in the comment field. d) Write articles of Islam, fiqh, hadith, tafseer etc. e) uploading study videos of the scholars. F) Write the motivation of Islamic da’wah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku-Buku

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.

Arifin, Anawar. Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Aziz, Moh. Ali Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Bachtiar Wardhi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos, 1997.

Ibrahim, Idi Subandy dan Akhmad, Bachrudin Ali. Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Ilidayati, Nurul Metodologi Penelitian Dakwah. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2006.

Ismail, Nawari, Pergumulan Dakwah Islam dalam Konteks Sosial Budaya: Analisis Kasus Dakwah. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2010.

Muhidin, Asep Metode Pengembangan Dakwah. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Munawwir, Warson. Kamus Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif, 1994.

Nasrullah, Rully. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

Jurnal Ilmiah

Fachruroji, Moch. “Dakwah Islam dan Inovasi Media: Peluang dan Ancaman Media Global atas Dakwah Islam”, Jurnal Komunika, Vol.4 No.1 Januari-Juni 2010 pp.121-129

Juniawati. “Dakwah Melalui Media Elektronik: Peran dan Potensi Media Elektronik dalam Dakwah Islam di Kalimantan Barat”, Jurnal Dakwah, Vol. XV, No. 2 Tahun 2014.

Rizal, Sofyan. “Implementasi Strategi Marketing Dakwah pada Media Kontemporer”, Jurnal El-Hikmah, Volume VII/No. 2/April 2015/Jumadil Akhir 1436 H.

Skripsi

Khoiri, Misbakhul. “Dakwah Melalui Jejaring Sosial Facebook K.H. Abdullah Gymnasiar (Studi Teori Efektivitas Oleh Stewart. L Tubbs dan Silvia Moss)”. Skripsi S1, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogykakarta, 2014.

Website

“Da’i Dituntut Kreatif Sampaikan Materi dan Melek Media”, diakses 25 Mei 2022 dari http://www.uii.ac.id/content/view/2926/257/?lang=id

“Mengapa Facebook Tetap menjadi Media Sosial Paling Populer?”, diakses 27 Agustus 2022 dari http://breaktime.co.id/entertainment/tech/mengapa-facebook-tetap-menjadi-media-sosial-paling-populer.html

“Menkominfo Imbau Dai Melek Teknologi Informasi”, diakses 25 Mei 2022 dari http://www.dakwatuna.com

“Pengertian Facebook dan Sejarah Pendirian Facebook”, diakses 27 Agustus 2022 dari http://pengertiandefinisi.com/pengertian-facebook-dan-sejarah-pendirian-facebook/

Dillah Moch gufron Ubay. “Dampak Positif dan Negatif Internet di Era Globalisasi”, diakses 25 Mei 2022 dari http://www.kompasiana.com/gufronubay/dampak-positif-dan-negatif-internet-di-era-globalisasi_5715d355779373ec09566b0d

Oblinger, Diana G and Oblinger, James L. “Educating The Net Generation”, diakses 25 Mei 2022 dari http://www.educause.edu/research-and-publications/books/educating-net-generation

Reza, Jeko Iqbal. “ndonesia Negara ke-4 dengan Pengguna Facebook Teraktif di Dunia”, diakses 27 Agustus 2022 dari http://tekno.liputan6.com

Thaniago, Roy. “Media Sosial dan Kemenangan Kelas Menengah”, diakses 25 Mei 2022 dari http://indoprogress.com/2016/01/media-sosial-dan-kemenangan-kelas-menengah/

Yusuf, Oik “Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia Terus Bertambah”, diakses 27 Agustus 2022 dari http://tekno.kompas.com

Wawancara Pribadi

Wawancara Pribadi dengan Eric Aprino tanggal 12 November 2022

Wawancara Pribadi dengan Erwisnyah tanggal 12 Oktober 2022

Wawancara Pribadi dengan Gilang Ramadhan 12 Oktober 2022

Wawancara Pribadi dengan Hadri tanggal 11 November 2022

Wawancara Pribadi dengan Romadhonna tanggal 14 Oktober 2022

Published

08-03-2023

How to Cite

Adnan, A., & Lungi, M. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI WASILAH DAKWAH MAHASISWA. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 17(08, Juli), 43–65. Retrieved from http://jurnal.alhikmah.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/145