::: E-ISSN 2656-5749 ::: |
::: P-ISSN 1979-4967 ::: |
Author Guidelines
- Sistematika dan aturan penulisan adalah sebagai berikut:
- Judul ditulis dengan huruf kapital, maksimum 12 kata diposisikan ditengah (centered);
- Nama penulis ditulis utuh tanpa gelar disertai footnote nama dan alamat instansi atau lembaga penulis, dan alamat email.
- Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris antara 80-100 kata;
- Kata kunci antara 2-5 konsep;
- Pendahuluan;
- Sub judul (sesuai dengan keperluan pembahasan);
- Penutup (berisi kesimpulan); dan
- Daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)
- Ukuran kertas yang digunakan adalah HVS 70 gram, ukuran A4, margin: 3 cm;
- Panjang naskah antara 10 s.d. 15 halaman, spasi 1.5, huruf Arial, ukuran 11 pt, tulisan Arab menggunakan font Traditional Arabic 16 pt;
- Pengutipan Kalimat:
- Pengutipan kalimat ditulis secara langsung apabila lebih dari empat baris dipisahkan dari teks dengan jarak satu spasi;
- Sedangkan kutipan kurang dari empat baris diintegrasikan dalam teks, dengan tanda apostrof ganda (``teks``) di awal dan di akhir kutipan;
- Sistem pengutipan adalah footnote (bukan bodynote atau endnote);
- Setiap artikel, buku, dan sumber lainnya yang dikutip harus tercantum dalam daftar pustaka.
- Pengutipan ayat al-qur’an dan hadits:
- Ayat yang dikutip disertakan keterangan nama surah, nomor surah, dan nomor ayat (Q.s. al-Baqarah [2]:104);
- Pengutipan hadits menyebutkan nama perawi (H.r. al-Bukhari dan Muslim) ditambah footnote dari kitab hadits (kutub al-tis’ah).
- Cara pembuatan Footnote ditulis dengan font Arial 9 pt:
- Buku: nama utuh penulis (tanpa gelar), judul buku, (tempat terbit: penerbit, tahun terbit), jilid, volume, halaman. Contoh: Tommy Suprapto, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, (Yogyakarta: Media Pressindo, 2009), Cet. 1, h. 17.
- Buku terjemahan, contoh: Jum’ah Amin Abdul Aziz, Fiqih Dakwah: Prinsip dan Kaidah Asasi Dakwah, diterjemahkan oleh Abdus Salam Masykur, (Solo: Era Intermedia, 2010), Cet. 6, h. 141.
- Jurnal, contoh: Sofyan Rizal, “Marketing Dakwah, Pendekatan Metode Dakwah dengan Strategi Marketing”, dalam Jurnal El-Hikmah, Volume 1, Nomor 1, Desember 2008, h. 31.
- Artikel dari internet, contoh: Ahmad Romli, “Pengertian Komunikasi Dakwah” diakses 20 Juli 2012 dari http://www.komunikasi praktis.com
- Makalah dalam seminar, contoh: Hermin Indah Wahyuni, “Epistemologi Dakwah Multimedia dalam Pengembangan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam”, makalah disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan oleh IAIN Walisongo, Semarang, 20 Mei 2012, h. 15.
- Daftar pustaka, ditulis sesuai urutan abjad, nama akhir penulis diletakkan di depan, contoh:
- Buku, contoh: Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2009.
- Buku terjemahan, contoh: Aziz, Jum’ah Amin Abdul, Fiqih Dakwah: Prinsip dan Kaidah Asasi Dakwah, diterjemahkan oleh Abdus Salam Masykur, Solo: Era Intermedia, 2010.
- Jurnal, contoh: Rizal, Sofyan, “Marketing Dakwah, Pendekatan Metode Dakwah dengan Strategi Marketing”, dalam Jurnal El-Hikmah, Volume 1, Nomor 1, Desember 2008.
- Artikel dari internet, contoh: Romli, Ahmad, “Pengertian Komunikasi Dakwah” diakses 20 Juli 2012 dari http://www.komunikasi praktis.com
- Makalah dalam seminar, contoh: Hermin Indah Wahyuni, “Epistemologi Dakwah Multimedia dalam Pengembangan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam”, makalah disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan oleh IAIN Walisongo, Semarang, 20 Mei 2012.
Biografi singkat: biografi penulis mengandung unsur nama (lengkap dengan gelar akademik), tempat tugas, riwayat pendidikan formal (S1-S3), dan bidang keahlian akademik.