LIQO SEBAGAI METODE EFEKTIF DAKWAH KELUARGA
Keywords:
Liqo, Metode, Dakwah, KeluargaAbstract
Penelitian ini hendak menjelaskan mengenai aktivitas liqo (halaqoh) sebagai metode efektif dakwah keluarga. Penelitian ini kemudian akan dijawab dengan 4 (empat) pembahasan yaitu prioritas dakwah keluarga, liqo sebagai metode dakwah Keluarga, mengokohkan ruhiyah keluarga, dan menjalian komunikasi intensif antar anggota keluarga. Penelitian ini merupakan studi pustaka dengan model interpretasi interpretasi menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini, pertama peran orang tua sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas komunikasi dengan keluarganya. Kedua, liqo keluarga ini sangat efektif untuk meningkatkan spiritualitas ruhiyah semua anggotanya. Ketiga, liqo efektif mencarikan kebekuan komunikasi akibat dari sikap individualisme yang diakibatkan intensitas interaksi dengan gadget dan lain-lain.
Downloads
References
Abdullah, Muhammad Qadaruddin. Pengantar Ilmu Dakwah. Diedit oleh Qiara Media. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
Ade, Hidayat. “Efektivitas Program Mnetoring Halaqah dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa.” Jurnal Etika dan Pekerti Vol. 1, no. 1 (2013).
Akhirudin. “Urgensi Keteladanan Dalam Keluarga (Sebuah Refleksi Dakwah Rasulullah pada Keluarganya).” Koordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Islam Vol. 16, no. 2 (2017).
Al-Banna, Hasan. Majmu’ah al-Rasa’il. Mesir: Dar al-Kalimah, 2005.
Al-Razi, Muhammad bin Abi Bakar. Mukhtar As-Shihah. Libanon: Maktabah lubnan, 1986.
Arsam. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak.” Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 6, no. 1, Januari-Juni (2012). https://doi.org/10.24090/komunika.v6i1.342.
As-Sa’di, Abdurrahman. Taisir Al-karim Ar-Rahman. Riyadh: Maktabah al-Abikan, 2001.
Asmaya, Enung. “Peran Perempuan dalam Dakwah Keluarga.” Yin Yang: Jurnal Studi Gender dan Anak Vol. 15, no. 2, Juli (2020).
Bukhori. “Efektivitas Halaqoh dalam Menanamkan Nilai dan Sikap Keagamaan pada Kader Partai Keadilan Sejahtera Kota Medan.” Tesis S2, Program Studi Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, 2018.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Chairawati, Fajri. “Membangun Etos Dakwah Dalam Keluarga.” Jurnal Al-Ijtimaiyah Vol. 1, no. 1, Januari-Juni (2015): 19–29. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.251.
Cucu. “Keunikan Dakwah Halaqah Tarbiyah: Studi Pada Halaqah Tarbiyah PKS.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Vol. 8, no. 1 (2014): 50–62. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah/article/view/71/65.
Cucu, dan Isyatul Mardiyati. “Halaqah Keluarga Di Era Milenial Perspektif Psikologi Dakwah.” Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak Vol. 6, no. 2 (2019).
Fahmi, Zul. “Pendidikan Model Halaqah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam (Studi Pendidikan Nonformal di Desa Pilang, Kec. Masaran, Kab. Sragen).” Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013. http://eprints.ums.ac.id/25964/16/NaskahPublikasi.pdf.
Fuad, Ai Fatimah Nur. “Kajian Literatur tentang Perkembangan Historis dan Transformasi Dakwah Gerakan Tarbiyah di Indonesia.” Jurnal Lektur Keagamaan Vol. 17, no. 2 (2019): 349–82.
Harapan, Edi, dan Syarwani Akhmad. Komunikasi Antar Pribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2016.
Hasan, Mohammad. Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah. Surabaya: CV. Salsabila Putra Pratama, 2013.
Izzudin, Solikhin Abu. Super Murabbi. Yogyakarta: Pro U Media, 2008.
Karim, Hamdi Abdul. “Urgensi Halaqoh dalam Akselerasi Dakwah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, n.d. https://e-journal.metrouniv.ac.id.
Katsir, Abu alfida Isma’il Ibnu. Tafsir Al-qur’an Al-Adzim Vol. 7 Cet Ke. 1. Dammam: Dar Ibnu Al-Jauzi, 1431.
Khatibah. “Penelitian Kepustakaan.” Jurnal Iqra’ Vol. 05, no. 01, Mei (2011). http://repository.uinsu.ac.id.
Khulliyana, Inta Aufi. “Tipologi Dakwah Nabi Terhadap Keluarga.” Skrpsi S1, Program Studi Biimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah, Institur Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang, 2012.
Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, dan Fitri Andriani. “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, no. 1 (2021): 241–56. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Kuswandi, Sinta Hajrina, Dudy Imanuddin Effendi, dan Abdul Mujib. “Bimbingan Akhlak pada Anak melalui Sistem Halaqah Quran.” Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol. 8, no. 2 (2020). https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i2.112.
Mahmud, Abdullah Ali. Perangkat-Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin. Solo: Era Intermedia, 1999.
Maria, Ilga, dan Ria Novianti. “Efek Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak.” A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol. 3, no. 2 (2020): 74–81. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1966.
Miftahuddin. “Pengaruh Ideologi Ikhwanul Muslimin Terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Indonesia.” Skripsi S1, Jurusan Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008.
Miharja, Sugandi. “Dakwah Pemberdayaan Partisipasi Keluarga.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) Vol. 18, no. 1 (2019). https://doi.org/10.15575/anida.v18i1.5039.
Munajah, Neneng. “Dakwah Dalam Keluarga: Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Globalisasi.” Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam Vol. 11, no. 1 (2020): 97–106. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i1.740.
Ningsia, Sriwahyu. “Peranan Kegiatan Pembelajaran Halaqah di Lingkungan Pesantren dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI di Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka.” Progranm Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Parpare, 2020. http://repository.iainpare.ac.id/2043/1/15.1200.039.pdf.
Nur, Masna M. “Strategi Dakwah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Mad’u Kota Parepare.” Srikpsi S1, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, 2019.
Nursalam, dan Muhammad Nawir. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anaka (Studi Komunikasi dalam Keluarga di Lingkungan Caile Kabupaten Sinjai).” In Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0,” 1–8. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2798/2292.
Nuzula, Firdausi. “Pola Komunikasi Kelompok dalam Kegiatan Liqo di Unit Kegiatan Mahasiswa Dakwah Kampus (UKM DK) Ulil Albab Universitas Muhammadiyah Jakarta.” Skripsi S1, Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012.
Rahmah, St. “Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak.” Alhiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 04, no. 07, Januari-Juni (2016).
Rahman, Abdul. “Konsep Murabbi dalam Al-Qur’an.” Disertasi S3, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, 2017.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 17, no. 33, januari-Juni (2018).
Rozak, Muhammad. “Sistem Kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera (Studi Etnografi Antropologi Politik Tentang Sistem Kaderisasi PKS di Kota Medan).” Skripsi S1, Departemen Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2016.
Ruslan, Utsman Abdul Mu’iz. Tarbiyah Siyasiyah: Pendidikan Politik Ikhwanul Muslimin. Solo: Era Intermedia, 2000.
Sajirun, Muhammad. Manajemen Halaqah Efektif. Solo: Era Intermedia, 1999.
Salim, Moh. Haitami. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Yogyakarta: Ar-ruzz Meda, 2013.
Saputra, Ari. “Strategi Dakwah Orang Tua Terhadap Keluarga di Desa Kuripan Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Skripsi S1, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang, 2020. http://repository.um-palembang.ac.id.
Sari, Milya, dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Vol. 6, no. 1 (2020): 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159.
Sasongko, Agung. “Tujuan Utama Dakwah.” Diakses 31 Juli 2021. https://www.republika.co.id/berita/olk9i9313/tujuan-utama-dakwah.
Sudrajat. “Halaqah Sebagai Model Alternatif Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Kependidikan Vol. 6, no. 1, Juni (2018): 181–94. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1700.
Tristati, Devi. “Peran Halaqoh Tarbiyah dan Keteladanan Murabbi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam Mutarabbinya di Rohis SMAN 2 Ponorogo.” Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.
Ulil Amri, Muhammad Iqbal Al, Reza Syehma Bahtiar, dan Desi Eka Pratiwi. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2, no. 2 Desember (2020). https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933.
Wahid, Abdul, dan M. Halilurrahman. “Keluarga Institusi Awal dalam Membentuk Masyarakat Berperadaban.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Vol. 5, no. 1, Juni (2019).
Zahara, Sofia, Nandang Mulyana, dan Rudi Saprudin Darwis. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik Vol. 3, no. 1 (2021): 105–14. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143.
Zulhaini. “Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Anak.” Jurnal Al-Hikmah Vol. 1, no. 1 (2019): 1–15.